GuidePedia

TENTANG KUBU BINGIN
Kopdit Kubu Bingin telah melayani masyarakat sejak tanggal 23 Oktober 1998. Pada awal pendiriannya Kopdit Kubu Bingin hanya memiliki 24 orang anggota yang terdiri dari pelukis dan pemerhati seni khususnya di Bali. Dalam perkembangannya, Kopdit Kubu Bingin saat ini memiliki ribuan anggota yang tidak lagi berasal dari seniman namun sudah melayan seluruh golongan masyarakat.

BERBASISKAN GERAKAN CREDIT UNION
Credit Union diartikan sebagai kumpulan orang - orang yang saling percaya dalam satu suatu ikatan pemersatu yang sepakat untuk menabungkan uang, menciptakan modal bersama untuk dipergunakan (dalam bentuk pinjaman) diantara sesama anggota untuk tujuan - tujuan yang produktif demi kesejahteraan bersama.

KEBERSAMAAN
Dalam Credit Union/Kopdit, para anggota bersama - sama mengumpulkan dana dalam bentuk simpanan saham yang kemudian disalurkan kepada anggota lain yang membutuhkan dalam bentuk pinjaman. Keuntungan yang diperoleh dari Credit Union/kopdit , dikembalikan lagi kepada anggota dalam bentuk jasa simpanan, jasa pinjaman dan fasilitas lainnya.

KEUNGGULAN KOPERASI KUBU BINGIN
1. Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela
2. Anggota merupakan pemilik dan sekaligus pengguna jasa
3. Simpanan dan pinjaman anggota dilindungi oleh DAPERMA, yang memberikan santunan duka dan penghapusan pinjaman (ketentuan DAPERMA), apabila anggota meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap
4. Anggota diikutsertakan dalam program pendidikan berkelanjutan
5. Berhak mendapatkan SHU (balas jasa simpanan dan pinjaman sesuai partisipasi anggota)
6. Berhak dicalonkan/mencalonkan diri sebagai pengurus Kopdit Kubu Bingin
7. Berhak menerima Dana Sosial Suka maupun Duka
- Dansos Pendidikan : masuk TK - Perguruan Tinggi (ditanggung 3 anak)
- Dansos Rawat Inap/Opname
- Dansos Kelahiran Anak Anggota (ditanggung 3 anak)
- Dansos Pernikahan (Anggota)
- Dansos Musibah (Kebakaran)
- Dansos Kecelakaan diri (Anggota)
- Dansos Meninggal Dunia/Kematian (Anggota)
(Dansos hangus apabila anggota melalaikan kewajiban membayar simpanan wajib dan pinjaman 3 kali berturut - turut atau 5 kali tidak berturut - turut, dana sosial bisa dicairkan apabila anggota sudah menjadi anggota minimal satu tahun)
 
Top