GuidePedia

0
Minggu sore (19/5) Tim Panitia Diklat Kopdit Kubu Bingin Bali Cabang Klungkung menggelar Pelatihan Wirausaha Membuat Mie Ayam, Bakso dan Pangsit bertempat di Gedung KNPI Klungkung, Jl. Gunung Agung Semarapura Kangin Klungkung yang diikuti oleh Pengurus, Pengawas, Manajer, Staff Klungkung dan Anggota Pusat dan Cabang Kopdit Kubu Bingin Bali.

Narasumber dalam pelatihan wirausha ini adalah Ibu Dewi Susanti. Dalam memfasilitasi kegiatan pelatihan tersebut pertama kali ia memberikan pemahaman secara umum tentang pola sehat memasak diantaranya menjaga kebersihan peralatan masak, lap meja dan lap mengangkat masakan mesti berbeda sehingga makanan yang kita masak tidak cepat basi dan sehat untuk dikonsumsi. Peserta juga disarankan dalam memasak agar tidak menggunakan bahan penyedap rasa sehingga aman untuk dikomsumsi tapi dari segi rasa tetap enak.

Sambil demo, narasumber memberikan catatan resep memasak sesuai dengan tema pelatihan. Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk pelatihan memasak mie ayam, bakso dan pangsit antara lain bawang putih goreng 200 gr, dicincang, digoreng dengan 500 cc minyak, tiriskan minyak bawang didinginkan dan ditempatkan ditoples kaca

Bakso
Untuk pembuatan Bakso Ayam dibutuhkan bahan - bahan diataranya 500 gr daging paha ayam giling halus, 125 gr tepung tapioka cap tani, 1 butir telor, 2 sendok takar garam, 1 peres sendok makan air, 2 sendk makan minyak bawang dan 5 sendok takar bawang goreng (semua bahan diaduk dan diuleni sampai menyatu). Bahan lainnya yang juga diperlukan adalah rebus air dalam panci sampai mendidih, beri sedikit minyak dan garam, bulatkan adonan bakso langsung masukkan dalam air mendidih, kecilkan api sampai adonan habis, rebus terus sampai benar - benar matang, dinginkan masukkan dalam plastik, simpan dalam kulkas. Selanjutnya membuat kuah dibutuhkan sisa air rebusan bakso ditambahkan air untuk kuahnya, garam, merica, kaldu tulang ayam.

Topping mie ayam dibutuhkan bahan - bahan seperti 250 gr daging paha ayam cincang, 2 sendok takar garam, 1 sendok takar gula pasir, 3 sendok takar bawang putih goreng, 1/2 sendok takar merica, 2 sendok makan minyak bawang, 1-2 sendok makan kecap manis, 150 cc air (saus tiram jika suka).
Cara membuatnya adalah panaskan minyak, masukkan daging yang sudah diberi air 100 cc, aduk - aduk supaya tidak menggumpal, masukkan semua bumbu-bum, terakhir masukkan air dan masak hingga matang, tuang dalam wadah/mangkok.

Pembuatan pangsit dibutuhkan bahan berupa isi daging ayam giling, telor, garam, merica dan bawang iris (aduk rata semuanya), kemudian ambil kulit pangsit, taruh isi ditengahnya dan lipat. Untuk masak mie, siapkan air mendidih, masukkan sayur sawi, rebus sampai layu, tiriskan. Masukkan mie mentah tutup sebentar, kemudian angkat dan tiriskan, tuang dalam mangkok saji yang sudah diberi minyak bawang, merica, kecap asin/kecap ikan, aduk - aduk supaya mie tercampur dengan bumbunya, beri topping 1 sendok makan ditambah 11/2 sendok kuah toppingnya beri sayur rebus dan bawang merah goreng.

Dalam penyajiannya bisa kombinasi, bisa mie ayam saja, mie ayam bakso, mie ayam pangsit, mie ayam komplit dan sambalnya dibutuhkan bahan cabe rawit yang direbus, blender dengan sedikit bawang putih dan sedikit garam, rebus kembali dengan sedikit air sampai mendidih.

Demikianlah pelatihan kewirausahaan ini diselenggarakan oleh Kopdit Kubu Bingin Bali semoga bermanfaat untuk anggota, tunggu pelatihan wirausaha berikutnya, teruslah setia menjadi Anggota Kopdit Kubu Bingin Bali, salam kopdit, bravo!

Posting Komentar

 
Top