GuidePedia

0

Rapat Anggota Tahunan ke - 20 Kopdit Kubu Bingin Bali dilaksanakan pada Minggu (17/2) di Wantilan Jaba Pura Taman Pule Mas Ubud Gianyar Bali.
 Hadir pada kesempatan tersebut anggota sebanyak 1728 orang dari jumlah anggota 2588 per 31 Desmber 2018. Undangan yang hadir diantaranya Dinas Koperasi UMKM Provinsi Bali diwakili oleh Dewa Ayu Eka Putri, Dinas Koperasi UKM Gianyar dihadiri oleh Kepala Dinas Dewa Putu Mahayasa, Dinas UKM Karangasem oleh I Made Widia, Dekopinwil Bali oleh Tiwi Effendi, Puskopdit Bali Artha Guna oleh Putu Artawan dan Kantor Akuntan Publik I Wayan Ramantha oleh Ni Ketut Rasmini.
Ketua Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, I Nyoman Arjawa di sela-sela acara RAT keduapuluh tahun buku 2018 mengatakan, KSP Kopdit Kubu Bingin Bali dalam keadaan sehat. Tahun 2018 merupakan tahun peningkatan SDM dan legalitas lembaga.
Ia menjelaskan, tahun 2018 merupakan masa pengurus dan pengawas dan manajemen dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang perkoperasian. Ini dilakukan oleh instansi terkait dan lembaga yang punya legalitas untuk menyelenggarakan hal tersebut.
Selain meningkatkan SDM anggota dengan berbagai kegiatan diklat koperasi,  KSP Kopdit Kubu Bingin Bali juga menyelenggarakan workshop tata rias kecantikan.  KSP Kopdit Kubu Bingin Bali juga menerima anak siswa SMKN 1 Mas ubud, SMKN1 Klungkung, mahasiswa Unwar, Unhi dalam rangka peningkatan sumber daya manusia.
Pada tahun 2018,  KSP Kopdit Kubu Bingin Bali juga mengurus dan memastikan legalitas seluruh cabang Kopdit Kubu Bingin Bali. Pengurusan legalitas ini sudah rampung sesuai himbuan dari instansi yang terkait begitu juga status tanah dan bangunan kantor dari atas nama perseorangan sudah diproses menjadi atas nama Iembaga Kopdit Kubu Bingin Bali.
Kopdit Kubu Bingin Bali juga peduli dengan kegiatan pendidikan sosial kemasyarakatan di tahun 2018. Dalam rangka HUT ke- 20 KSP Kopdit Kubu Bingin Bali menyelenggarakan lomba mewarnai anak-anak di car free day, pengobatan umum , donor darah dan pemeriksaan, pengobatan kacamata dan operasi katarak gratis untuk warga di Karangasem Selat Duda dan Sidemen.
Nyoman Arjawa memaparkan, di bidang keuangan per 31 Desember 2018 Kopdit Kubu Bingin Bali mengalami pertumbuhan aset Rp 244.514.290 atau tumbuh 1,11 persen dan pertumbuhan SHU 8,11persen atau Rp 39.748.218 dari target tahun 2018 capital asset terelisasi 91,11 persen atau Rp22. 353.532.450 dari rencana Rp24.534.773.319 dan capaian SHU 97.64 persen atau Rp529.755.683 dari rencana Rp542.566.658.
Ketua Panitia RAT ke-20 KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, Gusti Ngurah Antara Putra mengatakan, tujuan pelaksanaan RAT antara lain agar anggota dapat mengetahui kerja pengurus, pengawas, serta manajemen tahun 2018. Ini agar anggota terlibat langsung dalam pengembangan Kopdit memberikan masukan-masukan berupa saran, tanggapan maupun pertanyaan yang konstruktif setelah membaca laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan pengawas.
Ngurah Antara menambahkan, secara umun RAT ke-20 mengagendakan penyampaian laporan pengurus dan pengawas KSP Kopdit Kubu Bingin Bali tahun buku 2018. Penyusunan rencana kerja dan rencana anggaran belanja koperasi serta pembentukan panitia pemilihan pengurus dan pengawas tahun buku 2019-2022. 
Ni Ketut Rasmini mewakili Kantor Akuntan Publik I Wayan Ramantha dalam laporannya menyampaikan," secara garis besar laporan keuangan KSP Kopdit Kubu Bingin Bali Tahun Buku 2018 sudah baik karena sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang ada, walaupun ada beberapa kelemahan, diantaranya : masih ada kredit macet, belum ada nomor kode aset tetap, Kantor Cabang Tegallalang belum memiliki brankas dan rekening bank ada beberapa yang masih menggunakan nama perorangan. Kesimpulan terakhir kami memberikan opini,"WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)".
Dewa Ayu Eka Putri dalam sambutannya," Apresiasi terhadap kinerja kepengurusan dan manajemen KSP Kopdit Kubu Bingin Bali sehingga bisa tepat waktu melaksanakan RAT dan pertahankan predikat"WTP"yang sudah diraih ditahun 2018 ini"

I Putu Artawan mewakili Puskopdit Bali Artha Guna menyampaikan," Apresiasi terhadap inovasi - inovasi dalam mengelola kopdit, membuat gebrakan - gebrakan baru dalam mensosialisasikan kopdit semoga kinerja kedepan semakin baik".
Manajer, Dewa Ayu Putriani mengumumkan lima orang anggota yang meraih penghargaan terbaik dalam melakukan transaksi simpan - pinjam di tahun buku 2018 Adalah: I Wayan Sucita (NBA 1513), Wayan Karmini (NBA ; 80), Ni Ketut Mariati (NBA : 2269) dan I Wayan Suja (NBA : 3677) dan I Kadek Adita (NBA 3487). Ia juga menambahkan bahwa karyawanpun yang berprestasi di tahun 2018 diberikan apresiasi diantaranya I Wayan Laba (Marketing Pusat), Ni Kadek Sri Utari (Akunting), I Komang Jiwa (Kacab. Karangasem), I Gede Wahyu Dharmawan (Dev. Kredit Batubulan) dan I Kadek Arianta (Dev. Kredit Karangasem). 
Sesuai tema RAT kali ini "Koperasi Maju, Anggota Makmur, Indonesia Sejahtera pengurus merancang memberikan kesempatan kepada anggota koperasi yang pedagang untuk berjualan dan mengenalkan produknya. Dengan kupon makan ini juga para peserta RAT dapat memilih makanan sesuai kesukaan, tak selalu nasi kotak. Makannya juga tak harus menunggu pas acara makan siang. ‘’Dengan model ini, antar pedagang bisa bertukar informasi tentang usaha. Kami manajemen kopdit tentu terus mengembangkan program untuk memaksimalkan pelayanan kepada anggota. 

Posting Komentar

 
Top