GuidePedia

0
Rapat Evaperca Kubu Bingin Bali 9/12/2018
Minggu, 9 Desember 2018 Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Kubu Bingin Bali menggelar Rapat Evaperca yang melibatkan Penasehat, Pengurus, Pengawas, Manajemen dan Perwakilan Anggota sebanyak 93 orang dari 100 orang undangan, bertempat di Ruang Pertemuan Restoran Graha Kariana, Jl. By Pass Prof. Ida Bagus Mantra 111X Saba Blahbatuh Gianyar.

Rapat Evaperca merupakan langkah yang sangat strategis bagi KSP Kopdit Kubu Bingin Bali untuk mempersiapkan Rancangan Rencana Kerja, Pola Kebijakan dan RAPB Tahun Buku 2019.  Agar rencana kerja, pola kebijakan dan RAPB tersebut berjalan lancar dan memberikan hasil optimal maka sangat diperlukan adanya masukan - masukan dari Anggota guna menyempurnakan rancangan yang telah disusun Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali.

Pengurus berharap dengan adanya saran dan masukan dari anggota pada Rapat Evaperca tersebut dapat menghasilkan Pola Kebijakan, Rencana Kerja dan RAPB Tahun Buku 2019 yang terbaik sehingga dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan operasional dalam Tahun Buku 2019.

Pembukaan Rapat Evaperca  disampaikan oleh Pembawa Acara/MC yaitu Dewa Ayu Putriani, SE pada pukul : 10.00 Wita. Doa dipimpin oleh I Komang Jiwa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Ni Luh Putu Hendrayani.

Ketua Panitia Evaperca ke 20, Drh. I Gusti Ngurah Antara Putra menyampaian bahwa Rapat Evaperca sengaja dilaksanakan diluar area kantor, mencari lokasi yang nyaman agar Anggota pernah merasakan suasana yang berbeda dari biasanya, diharapkan anggota memberikan masukan yang sifatnya membangun masa depan Kubu Bingin Bali sehingga kopdit yang kita cintai tumbuh semakin besar dan membawa asas manfaat untuk anggota

I Nyoman Arjawa dalam laporan evaluasi kerjanya di Tahun Buku 2018 menyampaikan bahwa banyak hal telah dilaksanakan oleh Pengurus, mulai dari mengamandemen Anggaran Dasar KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, mengurus ijin semua kantor cabang, menyelenggarakan pendidikan dasar/kewirahusaan, membina/mengunjungi anggota lalai, mengurus balik nama sertifikat koperasi dari hak milik menjadi hak guna bangunan, membesuk kepengurusan yang sedang sakit, mengunjungi anggota yang berduka, menerima kunjungan beberapa koperasi baik local maupun luar daerah, mensosialisasikan KSP Kopdit Kubu Bingin Bali dalam berbagai kegiatan seperti Tirta Yatra bersama dan Car Free Day di Kota Gianyar sekaligus perayaan HUT Kopdit Kubu Bingin Bali ke 20. 

Sementara Bendahara, Ni Kadek Sutareni mengatakan capaian target SHU per 31 Oktober 2018 pada posisi 86, 31%, Aset tercapai 90,49%, Modal Anggota 99,51%, Piutang 88,15% dan Kas setara kas tercapai 144,77%

Pola Kebijakan disampaikan oleh Wakil Ketua, E. Herry Patrianto dimana ia menyampaikan bahwa Tahun Buku 2019 simpanan wajib direncanakan naik dari Rp 40.000 menjadi Rp 50.000, administrasi anggota keluar naik dari Rp 50.000 menjadi 100.000, plafon pinjaman ditingkatkan menjadi Rp 500 Juta dengan jangka waktu pinjaman selama 15 tahun, dana sosial anggota juga direncanakan naik dan ada tambahan dana sosial operasi kecil dan besar, solidaritas duka anggota yang dipotong dari SHU diturunkan dari tahun sebelumnya Rp 50.000 menjadi Rp 30.000.

Tahun Buku 2019 ditargetkan pendapatan 4,5 Milyar dengan perencanaan naiknya SHU 20,3% dan Aset 15,88% dari Realisasi per 31 Oktober 2018. Program kerja tahun 2019 kita merencanakan menyusun Persus untuk mendukung AD yang telah diamandemen, mengoptimalkan pendidikan dan pelatihan baik kepengurusan, manajemen maupun anggota, memaksimalkan pelayanan kepada anggota berbasis IT, melaksanakan tirta yatra bersama, menyelenggarakan HUT k 21 berpusat di Karangasem, membangun gedung serbaguna, melaksanakan Upacara Tawur Rsigana dan Ngenteg Linggih dan lain sebagainya, paparan I Gusti Ngurah Antara Putra dengan tegas dan jelas!.
Penyampaian evaluasi kerja pengurus tahun buku 2018  dan program kerja tahun buku 2019 di apresiasi angggota dengan beberapa saran - saran dan pertanyaan yang disampaikan mereka secara lisan dan tertulis. Pengurus secara bergiliran sesuai topoksinya menanggapi  satu persatu pertanyaan/kritik maupun saran anggota dengan baik,  terlihat semua anggota puas dengan jawaban - jawaban pengurus.

Rapat evaperca ditutup oleh Ketua Pengurus dengan  pembacaan berita acara oleh Sekretaris Pengurus, Sri Untari, S.Pd dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh Ketua Pengurus, Sekretaris dan Perwakilan Anggota, Fransiskus Un Bian Seran. Sebelum rapat dibubarkan pengurus meminta waktu 10 menit  untuk memutar Vidio Profil KSP Kopdit Kubu Bingin Bali. Seusai pemutaran vidio, semua peserta rapat melakukan foto bersama dan diakhiri dengan santap siang bersama.
Terima kasih partisipasi dan dukungan anggota untuk ikut mensuskseskan penyusunan Program Kerja Pengurus Tahun Buku 2019, sampai jumpa di RAT Tahun Buku 2018, Koperasi Kita Maju, Kita Pasti Bisa ! (Ayu) 

Posting Komentar

 
Top