GuidePedia

0

Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dasar perkoperasian untuk anggota di dua kantor cabang. Untuk anggota Cabang Karangasem diselenggarakan Minggu, 1 Juli 2018 sedangkan untuk anggota di Kantor Cabang Klungkung dilaksanakan pada Minggu, 15 Juli 2018.

Diklat dasar perkoperasian di KC Karangasem diikuti oleh anggota dan calon anggota sebanyak 26 orang dari yang diundang sebanyak 50 orang. Tujuan dilaksanakannya diklat adalah untuk memberikan pemahaman yang benar tentang hak dan kewajiban sebagai anggota, memahami jati diri koperasi dan memahami tata cara pengajuan kredit.

Diklat di KC Karangasem ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupatn Karangasem Ir. Gd Ngurah Yudiantara, MM. Dalam sambutan ia menegaskan agar anggota dapat memahami dan penghayati serta mengetahui cara jati diri koperasi. Sebab dengan mengetahui cara penerapan jati diri koperasi maka dapat pula mengembangkan inspirasi dalam membangun koperasi maju serta tidal menyimpang dari diri khas koperasi itu sendiri. Selain itu bisa membangun koperasi yang mampu bersaing dengan badan usaha yang lainnya namun tidak meninggalkan jiwa asli dari nilai - nilai koperasi.

Sedangkan Ketua Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, I Nyoman Arjawa mengharapkan agar para anggota dapat mencermati materi pelatihan ini dan dapat menerapkannya selama menjadi anggota. Ia menegaskan anggota adalah pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi dengan demikian sudah seharusnya menjaga agar keberlangsungan hidup koperasi tetap terjamin.

Sementara itu Minggu, 15 Juli 2018 diselenggarakan pendidikan dasar perkoperasian di Kantor Cabang Klungkung. Pelatihan yang berlangsung di Gedung KNPI Klungkung sedianya dihadiri oleh Kadiskop UKM Kabupatn Klungkung namun batal dengan alasan surat permohonan tidak sampai ke Dinas Koperasi. Meski demikian Diklat Dasar Perkoperasian tetap dilaksanakan dibuka oleh Ketua Pengurus, I Nyoman Arjawa, S.Sn.

Dalam sambutannya I Nyoman Arjawa meminta para anggota untuk menjadi anggota Kopdit Kubu Bingin yang rajin menabung dan rajin mengembalikan pinjaman. Ia juga berharap agar para anggota dapat memberikan dukungan terhadap tumbuh dan berkembangnya Kopdit Kubu Bingin dengan mempromosikan keberadaan koperasi kepada masyarakat, keluarga dan siapa saja yang dijumpai.
Manajer memberikan materi jati diri koperasi

Dalam pelatihan ini tampil narasumber Dewa Ayu Putriani yang menjelaskan Jati diri koperasi, prinsip - prinsip koperasi dan nilai - nilai koperasi, Ni Kadek Sutareni dan Drh. I Gusti Ngurah Antara Putra yang menjelaskan tentang kegiatan Simpan Pinjam Kopdit Kubu Bingin dan Dewa Ayu Candrayani yang menjelaskan tentang produk unggulan Kopdit Kubu Bingin. Anggota yang hadir dalam pelatihan ini adalah 35 orang dari 50 orang yang diundang.

Posting Komentar

 
Top