GuidePedia

0
KSP Kopdit Rukun
Ketika raturan orang beramai - ramai ke Palembang untuk menghadiri Lokakarya Nasional, Open Forum dan RATNAS Inkopdit, Pengurus, Pengawas dan Manajemen KSP Kopdit Kubu Bingin Bali juga bertolak ke Palembang, ke Bumi Sriwijaya. Bedanya, mereka ke Palembang untuk sebuah studi banding. Mereka berada di Sriwijaya itu sejak 3 Mei sampai dengan 6 Mei 2018.

Rombongan sebanyak sepuluh orang terdiri dari tiga pengurus, tiga pengawas dan empat orang dari manajemen mendarat di Bandar Udara Badarudin II Palembang, Rabu 3 Mei 2018 siang. Rombongan dijemput oleh KSP Kopdit Rukun dan langsung ke kantor pusatnya yang berlokasi di Jalan Dempo Palembang. Pertemuan itu dipandu langsung oleh Wakil Ketua Pengurus KSP Kopdit Rukun, Suwarno, S.Pd didampingi sekretaris Pengurus V. Supriyantono dan staf manajemen.

Pertemuan siang itu diisi dengan saling memperkenalkan diri dilanjutkan dengan mempresentasikan selayang panjang tentang kota Palembang, selayang pandang sejarah KSP Kopdit Rukun, presentasi dalam bentuk vidio yang diputarkan yang isinya antara lain kesaksian penasehat, pendiri dan anggota KSP Kopdit Rukun. Kemudian ada sesi tanya jawab dilanjutkan dengan santap siang. tak lupa tuan rumah menyajikan makanan empek - empek Palembang yang menjadi makanan khas kota Palembang. Malamnya rombongan menginap di Hotel Wisata.

Kopdit HUB
Besoknya Kamis, 4 Mei 2018 berkunjung ke KSP Kopdit Rukun. Rombongan KSP Kopdit Kubu Bingin Bali diterima hangat oleh Wakil Ketua Pengurus Suwarno, S.Pd bersama sekretaris Pengurus V. Supriyantoro dan pengurus lainnya serta staf manajemen. KSP Kopdit Rukun telah berusia 39 tahun. KSP Kopdit Rukun didirikan oleh beberapa karyawan Yayasan Pensos Bodronoyo Keuskupan Palembang. Para tokoh pendiri adalah F. Sudarman, BA (alm) dan VY Suradi, BA serta 24 karyawan - karyawati Yayasan. Pada 21 Oktober 1992 memperoleh badan hukum nomor : 003228/BH/XX.

Hal-hal yang disharingkan oleh pengelola KSP Kopdit Rukun Palembang antara lain proses rapat anggota, kebijakan perkreditan, system pendidikan, system perekrutan anggota baru, system pelayanan operasional dan lain-lain. Usai berkunjung di Kantor Pusat KSP Kopdit Rukun rombongan mengunjungi salah satu Tempat Pelayanan KSP Kopdit Rukun yang terletak di Wilayah Sako Palembang.


Sore hari Kamis, 4 Mei 2018 rombongan melanjutkan kunjungan ke Kampung Cintamanis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Tujuannya adalah mengunjungi KSP Kopdit Himpunan Usaha Bersama (HUB) Cinta Manis, Jaraknya sekitar 30 kilometer dari kota Palembang. Kampung Cintamanis Baru merupakan salah satu pemukiman warga transmigrasi asal Jawa dan Bali, selain tentu saja penduduk asli, rombongan diterima oleh manajer KSP Kopdit HUB Cintamani, Sukarjo Hadi Pranoto. Juga oelh Ketua Pengurus Juwadi, S.Pd dan Kabag Akuntansi Puji Anugrahadi.

TP Sako KSP Kopdit Rukun
Besoknya Jumat, 5 Mei 2018 Pengurus, Pengawas dan Manajemen KSP Kopdit Kubu Bingin Bali berdialog dengan manajer - manajer KSP Kopdit HUB Cintamanis. Manajer Kopdit HUB dan Kabag Akuntansi mensharingkan kiat - kiat perekrutan anggota baru, strategi pembentukan system kelompok dan tempat pelayanan, program pinjaman musiman, kiat - kiat menagih pinjaman lalai dan kiat - kiat proses alur pinjaman. Juga system rapat anggota, pelayanan operasional di kantor dan dilapangan serta tatap muka langsung dengan ketua kelompok.
Banyak hal yang diperoleh dari studi banding di kedua koperasi kredit ini, meskipun kunjungan studi banding ini berbiaya cukup besar Rp 41 Jutaan namun apa yang didapatkan dari kedua koperasi ini sangat bermanfat dan dapat diadopsi oleh KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, sebab tidak ada pendidikan yang murah. Setiap usaha untuk menambah pengetahuan adalah INVESTASI. Diharapkan dengan studi banidng ini Pengurus, Pengawas dan Manajemen KSP Kopdit Kubu Bingin Bali semakin produktf dan kinerjanya semakin meningkat!.

Posting Komentar

 
Top