GuidePedia

0
Add caption
Penyelenggaraan Diklat Dasar Koperasi Kredit (Kopdit) Kubu Bingin keenam kalinya di KCP Karangasem berlangsung sukses. Dari 60 undangan, peserta yang hadir juga ada 60 orang. Kesuksesan ini merupakan usaha dan kerjasama yang solid dari tim panitia penyelenggara KCP Karangasem. Mereka berhasil memotivasi anggota dan calon anggota untuk hadir dalam pendidikan dasar koperasi.

Kegiatan diklat yang biasanya diselenggarakan pada hari Minggu, mencoba dirubah pada hari kerja dikarenakan beberapa alasan. Dipilihlah Hari Sabtu, 26 Agustus 2017 bertempat di Aula Kantor Desa Sinduwati Sidemen Karangasem. Penyelenggaraan Diklat Dasar KCP Karangasem tahun ini adalah penyelenggaraan Diklat Dasar Anggota Angkatan XX. 

Fasilitator dan materi yang disampaikan juga agak berbeda dari biasanya. Diklat kali ini menyisipkan materi public speaking yang disampaikan langsung oleh Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin, I Nyoman Arjawa, S.Sn. Materi ini dirasa sangat penting untuk pengetahuan umum masyarakat luas. Selama ini diklat dasar koperasi hanya bergelut tentang wawasan perkoperasian. Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin mencoba memberikan sesuatu yang berbeda sehingga bisa menjadi daya tarik peserta untuk mengikuti kegiatan diklat.

Public speaking merupakan keterampilan yang seyogyanya dikuasai oleh setiap orang, apapun posisi dan kedudukannya dalam suatu organisasi. Public speaking menyampaikan ide, gagasan dan pembicaraan didepan umum dan hal ini diperlukan tehnik dan latihan,"Ujar I Nyoman Arjawa.

Fasilitator berikutnya adalah Sri Untari, S.Pd mengulas tentang Sejarah Kopdit Kubu Bingin dan Perkreditan. Ia menyampaikan betapa pentingnya para anggota mengenal sejarah koperasi dan sejahmana perkembangannya sampai saat ini. Ia juga menjelaskan berbagai persyaratan kredit sehingga harapannya para anggota paham tentang kebijakan yang diambil oleh Pengurus dan Tim Kredit adalah demi menyelamatkan aset anggota.

Materi terakhir disampaikan oleh E. Herry Patrianto tentang kepengawasan. Ia mengatakan bahwa Pengawas adalah Wakil Anggota yang dipercayakan untuk mengevaluasi kinerja koperasi. Anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi hendaknya ikut ambil bagian didalamnya untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan masukan, kritik dan saran sekiranya dalam perjalanan koperasi ada ditemukan kebijakan Pengurus Koperasi Kredit Kubu Bingin yang merugikan kepentingan bersama. Kopdit Kubu Bingin adalah milik bersama, mari kita bersama - sama memajukan dan mengembangkan kopdit yang kita cintai bersama.

Diakhir acara anggota dibagikan uang transport, sertifikat diklat dan foto bersama. 


Posting Komentar

 
Top