GuidePedia

0
Minggu, 16 Juli 2017 Koperasi Kredit (Kopdit ) Kubu Bingin menggelar Pendidikan Dasar Koperasi untuk anggota dan calon anggota KCP Klungkung bertempat di Aula Serba Guna Kantor Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung. Diklat dasar yang diselenggarakan di Klungkung adalah yang keempat kalinya sejak berdirinya KCP Klungkung pertengahan tahun 2013. Penyelenggaraan Diklat Dasar Koperasi KCP Klungkung merupakan Angkatan XX dari keseluruhan Diklat Dasar Koperasi yang dilaksanakan Kopdit Kubu Bingin

Hadir dalam diklat tersebut sebanyak 40 peserta dari 50 orang yang diundang. Mereka adalah anggota baru yang terdafar dibulan Januari sampai dengan bulan Juli 2017. Kehadiran anggota dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar merupakan berita menggembirakan karena tumbuhnya kesadaran anggota untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang seluk beluk perkoperasian.

Kegiatan diklat ini dimulai pukul 10.00 wita dan dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin, I Nyoman Arjawa, S.Sn. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa makin memahami koperasi maka anggota akan merasakan asas manfaat berkoperasi. Ia mengajak para anggota untuk tidak ragu - ragu bergabung menjadi anggota. "Saya mengajak masyarakat untuk bergabung dengan koperasi karena manfaatnya sangat positif,"ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Gianyar ini.

Fasilitator diklat dasar koperasi ini sebanyak 4 (empat ) orang. Fasilitator pertama adalah E. Herry Patrianto menyampaikan tentang sejarah Kopdit Kubu Bingin. Ia mengatakan agar para anggota tahu awal mula berdirinya Kopdit Kubu Bingin, sehingga pewarisan semangat awal berdirinya koperasi ini bisa terus terpelihara. Materi berikutnya tentang perkreditan disampaikan oleh I Gusti Ngurah Antara Putra. Ia menyampaikan berbagai informasi tentang prosedur pinjaman dan menjelaskan beberapa contoh kasus perkreditan. Tentang seluk beluk kepengawasan disampaikan oleh Agustinus G.Thuru. Ia menegaskan bahwa kepengawasan koperasi sangat penting dilakukan oleh Pengawas untuk mengevaluasi kinerja pengurus dan manajemen. Materi terakhir disampaikan oleh Menejer, Dewa Ayu Putriani tentang jati diri koperasi dan asas manfaat berkoperasi.

Posting Komentar

 
Top