GuidePedia

0

CU Perekat

Dalam bulan April 2017 lalu Koperasi Kredit (Kopdit) Kubu Bingin menerima kunjungan Pengurus, Pengawas dan Manajemen dari dua CU/Koperasi Kredit yang beroperasional di Jawa Barat dan Yogyakarta. Kedua kunjungan ini dimanfaatkan oleh Manajemen dan Pengurus Kopdit Kubu Bingin untuk menggali pengalaman mereka dalam mengelola koperasi kredit.

Kunjungan pertama pada hari Sabtu (22/4) oleh Kopdit/CU Perekat Bandung. Rombongan CU Perekat yang ikut dalam kunjungan ini terdiri dari Pengurus, Pengawas, Manajer dan sejumlah karyawan. Rombongan diterima langsung oleh Ketua Pengurus, I Nyoman Arjawa, S.Sn bersama Pengurus dan Pengawas serta Manajer. Pertemuan penuh persaudaraan dan keakraban itu berlangsung di Lantai II Kantor Kopdit Kubu Bingin Kemenuh Gianyar.

Pengurus CU Perekat maupun Kopdit Kubu Bingin saling membagi pengalaman dalam mengelola koperasi kredit. Pada hakekatnya pengelolaan koperasi sama karena masih merupakan jaringan dalam Gerakan Koperasi Kredit Indonesia yang bernaung dibawah payung Induk Koperasi Kredit Indonesia. Namun yang cukup hangat adalah ketika saling membagi pengalaman bagaimana mengatasi masalah kredit lalai atau kredit macet. Kredit lalai juga dialami oleh CU Perekat dan prosentasi kelalaiannya juga cukup tinggi. Meski demikian baik CU Perekat maupun Kopdit Kubu Bingin terus berupaya sekuat kemampuan untuk menyelesaikan masalah kredit lalai tersebut.

Berdirinya CU Perekat diawali oleh beberapa Umat Paroki Katedral Bandung. Mulanya membentuk sebuah wadah pemberdayaan warga dalam bentuk koperasi. Selanjutnya wadah tersebut dirumuskan dengan nama Koperasi Persaudaraan Katedral yang di singkat "Perekat". Dalam perumusannya didampingi oleh Puskopdit Jawa Barat dan Komisi PSE Keuskupan Bandung. Pada tanggal 5 Oktober 1998 dideklarasikan Koperasi Perekat dan 15 September 2001 sekaligus memperoleh Badan Hukum dari pemerintah dengan nomor : 815/BH.59-DISKOP/2001 sekaligus memperoleh NPWP dengan Nomor : 02.065.283.0.423.000. Keanggotaan terbuka untuk umum, yaitu untuk masyarakat kota Bandung. Pada saat ini telah merangkul masyarakat luas tanpa membedakan ras, suku dan agama.

Kunjungan kedua ke Kopdit Kubu Bingin dilakukan oleh CU Tyas Manunggal Bantul Jogjakarta pada hari Selasa (25/4). Rombongan CU Tyas Manunggal Bantul Jogjakarta terdiri dari Pengurus, Pengawas dan Manajemen. Pertemuan berlangsung akrab yang dipandu langsung oleh Wakil Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin, E. Herry Patrianto dan Manajer Tyas Manunggal. Kedua Kopdit saling bertukar pengalaman tentang bagaimana mengelola koperasi kredit, memotivasi anggota kecintaannya terhadap koperasi semakin baik, rasa kepemilikan terhadap koperasi semakin tinggi, mengatasi kredit lalai sampai dengan memberdayakan anggota untuk menciptakan produk yang mendatangkan keuntungan bagi mereka dan koperasi.

CU Tyas Manunggal adalah sebuah lembaga keungan berbasis koperasi didaerah Bantul Selatan yang mengedepankan kepentingan anggta. Sebuah koperasi yang pengelolaannya berdasar atas Hati Nurani, tidak semata - mata mencari keuntungan. Oleh karenanya CU Tyas Manunggal mampu menjaring anggota dengan cepat yang berfokus pada wilayah kerjanya.

Posting Komentar

 
Top