GuidePedia

0
Berita Acara ditandatangani oleh Komang Sudartha
Minggu, 19 Februari 2017 Kopdit Kubu Bingin  melanjutkan kembali Pra RAT yang ketiga, kali ini berlokasi di Wantilan Jaba Pura Taman Pule Mas Ubud Gianyar. Pra RAT Kantor Pusat ini mengundang seluruh anggota di Kantor Pusat Gianyar, Kantor Kas Tegallalang dan Kantor Kas Batubulan.

Dari jumlah anggota Kantor Pusat Gianyar sebanyak 1328 orang, hadir di Pra RAT sejumlah 814 orang. Hadir pada kesempatan tersebut Perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Kabupaten Gianyar, Drs. I Wayan Suriarsa dan I Wayan Putra. Undangan lainnya yang hadir adalah Babinsa Desa Mas yaitu I Nyoman Karsa.

Sidang Pra RAT Kantor Pusat diawali dengan doa oleh I Gede Suwantara (Anggota Kantor Pusat Gianyar), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Kopdit dan Majulah koperasi oleh Koor Manajemen Kopdit Kubu Bingin yang dipimpin langsung oleh Manajer, Dewa Ayu Putriani, SE. Sebelum memasuki acara sambutan - sambutan, peserta Pra RAT dimeriahkan dengan Tarian Sekar Jagat persembahan dari Sanggar Alas Arum Tengkulak Mas Kemenuh Gianyar.

Pra RAT Kantor Pusat ini dipimpin oleh Pimpinan Sidang, Ibu Seseliana, S.Pd, M.Pd (Anggota KCP Klungkung) dengan Sekretaris Sidang Ni Wayan Novia Wulandari (Anggota Kantor Kas Tegallalang) dan Wakil Ketua Sidang, I Komang Sutirta (Anggota Kantor Kas Batubulan)

Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin, I Komang Mertha mengharapkan agar anggota berperan aktif untuk menanggapi laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan pengawas tahun buku 2016. Mohon anggota  memperhatikan secara seksama karena ini sifatnya sangat penting yaitu tentang rencana kerja, pola kebijakan dan RAPB Kopdit Kubu Bingin tahun buku 2017, hal - hal yang kurang jelas agar dipertanyakan di forum Pra RAT ini sehingga bisa ditanggapi secara langsung.

I Ketut Sarna
Drs. I Wayan Suriarsa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kopdit Kubu Bingin karena tepat waktu dan rutin mengadakan RAT, terima kasih karena slalu mengundang kami. Mohon permakluman karena kepala dinas tidak bisa hadir karena ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Ia menegaskan agar anggota aktif terlibat dalam memajukan Kopdit Kubu Bingin, tepat waktu mengangsur, rajin menabung, aktif menyampaikan kritik, saran, pertanyaan yang sifatnya membangun bukan menjatuhkan pengurus. Pengurus agar memberikan rasa nyaman kepada manajemen, mesti ada kerjasama yang baik. Pengawas agar melakukan tugasnya dengan baik demi menjaga aset anggota.

I Ketut Poasa
Pada sesi tanya jawab beberapa anggota menanggapi rencana kerja pengurus diantaranya : 
- Penanya pertama dari Nyoman Suarnata, NBA : 2182, menanyakan tentang produk pinjaman umum dan pinjaman khusus,

Nyoman Suarnata
- Penanya kedua Fransiscus Un Bian Seran, SH NBA : 691, menanggapi tentang tambahan rencana kerja tahun buku 2017 buku Pra RAT hal. 59 poin 5 yaitu penyegaran dengan rencana kerja mengadakan rotasi untuk manajemen dengan strategi jabatan manajer dibatasi 2 periode (6 tahun) dan atau sesuai kebutuhan, menurut saya "mengaburkan" tidak ada ketegasan, kenapa tidak langsung dua periode saja, bisa jeda sebentar kemudian dipilih kembali kalau memang masih dibutuhkan tenaganya, tujuannya untuk menciptakan kaderisasi, mustahil manajer sampai seumur hidup.

- Penanya ketiga, Dewa Nyoman Gede NBA : 285, menanggapi tentang Daperma terkait pinjaman yang melebihi batas perlindungan daperma,
Dewa Nym Gede


- Penanya keempat, I Ketut Sarna NBA : 481 menanggapi jawaban ketua pengurus terkait jabatan manajer yang dibatasi dua periode, menurut pendapat saya  kurang tepat, sebaiknya hal - hal prinsip jangan ditanyakan kepada anggota, pergantian manajer hendaknya mengacu pada AD/ART/aturan koperasi, kalau belum ada aturannya mohon dipertimbangkan kembali untuk memperpanjang masa jabatan manajer tersebut sampai satu periode lagi, sambil mempersiapkan kader manajer berikutnya karena hal ini menyangkut keberlangsungan koperasi, jangan dianggap sepele dan mesti ada dasar hukum atas pergantian manajer tersebut sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Menanggapi kelalaian pinjaman, sebaiknya pengurus merubah pola menangani kredit lalai, adakan pembinaan khusus untuk anggota yang lalai, analisa kredit tidak bisa hanya diatas meja saja, mesti kelangan, sebaiknya dipersiapkan tenaga pembina kredit, evaluasi kembali tugas - tugas bagian kredit, apakah sudah dijalankan semuanya karena hidup matinya koperasi dari kredit, tolong pengurus dan pengelola adakan pendampingan untuk kredit yang sudah dicairkan!

-Kelima dari I Ketut Poasa, NBA : 875 menanggapi tentang biaya operasional yang cukup tinggi, apakah sudah relevan dengan hasil yang dicapai, kalau pendidikan itu penting kenapa biaya pendidikan menurun dari tahun lalu, apakah pendidikan itu ditiadakan, mohon penjelasan!

Fransiscus Un Bian Seran, SH
Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan sesi hiburan dan makan siang. Kali ini hiburan dipersembahkan oleh calon pengurus yaitu I Nyoman Arjawa berupa lawak dengan melibatkan anak - anak anggota yang hadir pada saat itu.

Anak -anak diajak untuk berani menyampaikan bakat yang dimilikinya, seperti menyanyi, menari. Anak - anak yang sudah berani tampil kedepan panggung dan bisa menjawab pertanyaan si pelawak diberikan bonus berupa uang senilai Rp 10.000,-.

Pelawak dengan kepiwaiannya telah membuat suasana Pra RAT menjadi semarak dengan penuh tawa.  Anak - anak berbakat ini telah mampu menghibur peserta Pra RAT yang semula penuh menegangkan.

Diakhir acara, Kopdit Kubu Bingin mengundi 75 poin simpanan saham anggota termasuk hadiah hiburan dari sponsor. Selamat kepada pemenang dan sampai bertemu pada Rapat Anggota Tahunan Ke -18 Kopdit Kubu Bingin Tahun Buku 2016 di Balai Budaya Klungkung, 19 Maret 2017.

Posting Komentar

 
Top