GuidePedia

0
Koperasi Kredit Kubu Bingin Gianyar memulai Rapat Anggota Tahun Buku 2015 dngan menggelar Pra RAT di dua kantor cabang pembantu. Minggu 17 Januari 2016 di gelar Pra RAT di Kantor Cabang Pembatu Klungkung dan Minggu 31 Januari 2016 digelar Pra RAT di Kantor Cabang Pembantu Karangasem.

Pra RAT di kedua kantor cabang pembantu ini dilaksanakan karena jumlah Anggota Kopdit Kubu Bingin yang sudah 2.251 orang sehingga menjadi tidak efektif kalau digelar RAT sekaligus. Pra RAT KCP Klungkung digelar di Gedung KNPI Kabupaten Klungkung yang dihadiri oleh Anggota, pengurus, pengawas dan manajemen. Hadir sebagai undangan dari Dinas Koperasi UKM Kabupaten Klungkung yang diwakili oleh Cokorda Oka Adnyana dan Kepala Lingkungan Besang Kangin diwakili oleh Sang Ayu Putu Sarini.

Dalam sambutannya Cok Oka Adnyana menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran Kopdit Kubu Bingin di Klungkung. Ia berharap Kopdit Kubu Bingin dapat berperan aktif dalam ikut serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para anggota. Ia juga berharap agar masyarakat terus diajak agar menjadi aggota Kopdit Kubu Bingin.

Pra RAT KCP Karangasem diselenggarakan Minggu 31 Januari 2016 bertempat di Balai Budaya Desa Ada Griana Kangin Desa Duda Utara Kecamatan Selat. Hadir para anggota, pengurus, pengawas dan manajemen. Hadir sebagai undangan yang mewakili Dinas Koperasi UKM Kabupaten Karangasem yang membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Karangasem, I Nengah Mendra yang tak sempat hadir.

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin, I Komang Mertha menyampaikan apresiasi terhadap kinerja manajemen dan semua anggota atas keberhasilan Kopdit Kubu Bingin Tahun Buku 2015. Ditegaskan bahwa RAT merupakan kewajiban pengurus untuk menyampaikan secara langsung pertanggungjawaban kinerjanya selama satu tahun buku. Ia menginformasian bahwa tahun buku 2016 ini merupakan tahun terakhir kepengurusan 2013 -2016, karena itu jika ada anggota yang memenuhi persyaratan menjadi pengurus dan pengawas dapat mengajukan permohonan kepada Tim Nominasi Calon Pengurus Pengawas periode 2017 - 2019.

Dalam sambutan tertulisnya Kadiskop UKM Kabupaten Karangasem menyampaikan penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan Pra RAT ini. Ia mengatakan RAT merupakan agenda penting yang menjadi kewajiban pengurus dan pengawas untuk diselenggarakan setiap tahun. Melalui RAT seluruh jajaran pengurus dan pengawas dapat memberikan pertanggungjawaban hasil kerjanya selama satu tahun buku terakhir kepada anggota.

Dikatakannya pertanggungjawaban pengurus dan pengawas penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan koperasi agar pada tahun yang akan datang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan disempurnakan. Ia mengatakan didalam sebuah komunitas pasti diwarnai dengan persaingan. Jika koperasi tidak bisa bersaing maka keberadaannya akan tergerus oleh koperasi atau lembaga keuangan lainnya. Koeprasi sebenarnya mempunyai peluang untuk bisa berkembang ditengah masyarakat ekonomi Asean. Lembaga yang berasaskan kekeluargaan ini dinilai sangat potensial untuk mewadahi pelaku usaha sehinga bisa menjadikan koperasi sebagai kekuatan besar untuk berdiri kokoh ditetnagh masyarakat Asean.

Dikatakannya koperasi simpan pinjam yang merupakan bagian dari UMKM sebenarnya menghadapi permasalah yang tidak jauh beda dengan UMKM lainnya seperti masalah permodalan, sumber daya manusia, manajerial, pengembalian kredit dan lain - lain yang seolah - olah menjadi penyakit kronis dan tidak mudah diatasi. Masih banyak UMKM yang memanfaatkan sumber pinjaman dari rentenir. Dikatakan untuk mengatasi masalah tersebut maka solusinya adalah melakukan pembenahan internal koperasi. Dengan demikian keberadaan koperasi benar - benar dirasakan oleh anggotanya.

Dari Pra RAT dikedua kantor cabang pembantu ini anggota menerima dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2015. Anggota menerima dan mensahkan rencana kerja, pola kebijakan dan RAPB tahun buku 2016 dengan beberapa catatan. Anggota juga menetapkan perwakilan yang akan mengikuti RAT Kopdit Kubu Bingin pada hari Minggu, 20 Maret 2016 mendatang.
        

Posting Komentar

 
Top