GuidePedia

0
Sabtu (21/2) Kopdit Kubu Bingin melaksanakan Diklat Motivasi Kerja dan Peluang Bisnis untuk seluruh manajemen. 

Diklat ini bertujuan memberikan penyegaran kepada manajemen sehingga lebih maksimal dalam melayani anggota.

Fasilitator dari diklat ini adalah Bapak Emanuel Frans Supriyanto, tokoh Credit Union di Bali.

Mengawali diklat tersebut, Bapak Emanuel Frans Supriyanto mengatakan, "Hidup itu harus mempunyai gambar besar, semua dimulai dari keyakinan dari pikiran kita". Dalam meningkatkan motivasi kerja, peran pemimpin/atasan, peran organisasi dan peran diri sendiri mesti harus seimbang. Dalam Peluang usaha, modal bisa dicari, keahlian bisa dibeli namun cita -cita dan semangat tidak bisa dibeli karena harus dimiliki untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Menyinggung tentang teori motivasi, Bapak Frans menyampaikan, ada tiga konsep utama tentang ide bisnis berorientasi karakter (Hendro & Chandra, 2006) yaitu ketidaksempurnaan, insting & intuisi serta prinsip berpikir kreatif. 

Teori ketidaksempurnaan seperti tidak puas pada hal - hal yang telah mapan sehingga mendorong mencoba ide baru, tidak pernah ada kata sempurna, kesempurnaan identik dengan rasa puas, rasa puas akan menghentikan proses dan perubahan, pertumbuhan dan perkembangan.

Berpikir kreatif yang dimaksud adalah melihat dengan sudut pandang baru, menemukan hubungan baru dan membentuk kombinasi baru

Inspirasi antara Insting & Intuisi, dimana insting merupakan kepekaan menganalisi suatu kejadian yang pernah dialami seseorang untuk memprediksi kejadian yang akan datang, biasanya digunakan untuk menghindar, bertahan atau survive sedangkan insting merupakan kepekaan untuk memprediksi hal - hal yang akan terjadi berdasarkan indera keenam, biasanya digunakan untuk maju dan tumbuh

Penyajian fasilitator yang berapi - api  yang diselingi dengan senda gurau menambah semangat peserta, hal ini dimanfaatkan oleh fasilitator untuk mengajak manajemen Kopdit Kubu Bingin membuat gambar besar. 

Manajemen dibuka cakrawalanya kembali untuk memaknai kembali motto Kopdit Kubu Bingin "mekenyem, gelis, uwusan - senyum, cepat dan tuntas. Visi, misi, tujuan, keunggulan, kelemahan, kekuatan dan ancaman Kopdit Kubu Bingin dibuka.

Frans menegaskan,"Kesulitan selalu berkaitan dengan inspirasi". Jika Kopdit Kubu Bingin ingin menang dalam persaingan, harus berani tampil beda, tingkatkan imajinasi dan harus berani keluar dari zona nyaman!.Ayu

Posting Komentar

 
Top