GuidePedia

2
Kamis, 12 September 2013 Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali mengundang pengurus/pengelola koperasi di Bali untuk bertatap muka di Ruang Melati Dinas Koperasi UMKM Provinsi Bali, Jl. D.I. Penjaitan Niti Mandala Renon Denpasar, dengan agenda : Pertama, evaluasi pelaksanaan RAT Tahun Buku 2012, kedua sosialisasi kesehatan dari dr. Tjokorda Gde Dharmayuda, Sp.PD dan dr. Nyoman Sutedja, MPH, ketiga sosialisasi kerjasama masalah kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Bali (I Dewa Nyoman Patra, SH, MH) menyampaikan beberapa hal yakni : kesatu, Koperasi yang berbadan hukum wajib RAT, baik primer maupun sekunder (sesuai ketentuan berlaku). Kedua, koperasi yang sudah RAT (tidak mengundang Dinas Koperasi), segera buat laporan ke Dinas Koperasi UMKM Provinsi Bali. Ketiga, disiapkan tenaga 9 orang sebagai lembaga penyuluh lapangan apabila pengelola/pengurus koperasi minta pendampingan. Keempat, koperasi yang tidak RAT berturut - turut lebih dari 3 kali sesuai dengan ketentuan UU. PP dan Juknis dapat dikenakan sansksi pembubaran koperasi. Kelima, koperasi binaan provinsi bali berjumlah 133 koperasi, wajib RAT 101 koperasi, belum RAT 5 koperasi (Kop. Sang Braha Kriya Asta, Kop Asep Bali, Kop. Amertaning Segara, Puskop Wredatama, KSP Seri Sedana). Keenam, Untuk meningkatkan kesejahteraab anggota dapat dilaksanakan dengan meningkatkan pelayanan yang merupakan kebutuhan anggota, seperti memperhatikan kesehatan anggota, pengurus, pengawas koperasi ; memberikan pelayanan kesehatan melalui kerjasama dengan salah satu rumah sakit yang ada dibali

Dalam sosialisasi kesehatan, dr. Tjokorda Gde Dharmayudha, Sp.PD seorang Internist, konsultan kanker dan penyakit darah, founder MUA Holistic : Health Care, praktisi spritual (Reiki Tummo), pengembang transfer factor Indonesia (Bali) saat pertemuan itu menyampaikan,  "Visi saya, lebih baik mencegah orang sakit daripada mengobati orang sakit, "katanya dengan penuh semangat. Saat ini beliau adalah Pengembang  Transfer Factor (molekul pendidik sistem imun). Menurutnya transfer faktor telah terbukti berhasil digunakan untuk memerangi disfungsi sistem kekebalan tubuh (jerawat, HIV/AIDS, alergi, kurang darah, diabetes, DB dan lainnya). Akhir kata ia menyampaikan pesan, "sumber sakit adalah "pikiran", jadi buatlah hidup anda tenang, damai, bahagia dan bersyukurlah!".

Direktur RSU Puri Raharja Denpasar, dr Nyoman Sutedja, MPH  menyampaikan bahwa RS Puri Raharja Denpasar adalah terletak di Jalan W. R. Supratman No. 14-15, Dangin Puri Kangin, Denpasar Timur, diharapkan koperasi bisa menjalin kerjasama dengan kami, MOU akan kami sampaikan ke Dinas Koperasi lebih lanjut, hal ini menjadi nilai tambah untuk koperasi dalam mensejahterakan anggota".

I Gede Indra, SE.MM (Kepala Bidang Bina Lembaga Koperasi, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali) memberikan beberapa catatan penting untuk diperhatikan oleh pengurus/pengelola koperasi yaitu :
Kesatu, Kadiskop UMKM Provinsi memberikan penghargaan kepada koperasi yang sudah melaksanakan RAT. Kedua, PP No. 9, koperasi hendaknya tertib menyampaikan laporan perkembangan koperasi kepada Dinas Koperasi, minimal triwulan, yang sudah mengirim laporan tiap bulan, kami sampaikan apresiasi. Ketiga, koperasi harus meningkatkan skala usaha, unit - unit usaha, modal sendiri, anggota koperasi dan lainnya. Keempat, lakukan rapat pengurus/pengawas. Kelima, terkait UU No 12 tahuan 2012, segera lakukan PAD (Perubahan Anggaran Dasar). Keenam, buku pedoman koperasi, peraturan kop, pergub dan lainnya terkait buku koperasi segera diambil diruang BLK. Ketujuh, logo koperasi baru hendaknya dilaksanakan. Kedelapan, persiapan RAT tahun 2013 tepat waktu. Kesembilan, bagi yang wajib audit segera melakukan koordinasi audit dengan KJA. Kesepuluh, buku pedoman koperasi (16 buku) agar diisi dengan rutin. Kesebelas, tiap 3 (tiga) bulan akan ada rapat / pertemuan dengan pengurus/pengelola koperasi untuk shering/koordinasi pengembangan koperasi. Keduabelas, kerjasama dengan RSU Puri Raharja/dr Tjokorda Dharmayudha segera dilaksanakan. Acara berakhir dengan foto bersama.

Posting Komentar

  1. Saya mau tanya alamat asep bali dimana ya sekarang soalny ijin mobil saya mati dan saya jadi susah samsat nya tolong info saya ya 081338370331

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya alamat asep bali dimana ya sekarang soalny ijin mobil saya mati dan saya jadi susah samsat nya tolong info saya ya 081338370331

    BalasHapus

 
Top