GuidePedia

0

DAPERMA
Setiap anggota otomatis terdaftar semacam  “ASURANSI” yang disebut DAPERMA (Dana Perlindungan Bersama) yang dikelola secara Nasional. DAPERMA adalah lembaga yang melindungi simpanan dan pinjaman anggota apabila terjadi musibah (meninggal dunia, cacat total) atas anggota Kopdit. Bila anggota meninggal dunia atau cacat tetap , ahli warisnya akan mendapat klaim DAPERMA berupa PENGHAPUSAN PINJAMAN DAN SANTUNAN DUKA ANGGOTA sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Induk Koperasi Kredit/Inkopdit sebagai berikut :

  • Perlindungan Pinjaman Anggota (PPA)
·   Sisa Pinjaman yang sah pada anggota  Kopdit Kubu Bingin maksimal Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) untuk setiap anggota, yang atas jumlah tersebut telah dipenuhi kewajiban iuran selama sertifikat berlaku
       
Yang tidak termasuk :

1.      Semua sisia pinjaman yang diberikan kepada bukan anggota
2.      Semua sisa pinjaman kepada anggota yang sudah berusia diatas ulang tahun ke – 69
·         Syarat – syarat pekerjaan
1.      PPA dapat dibayarkan atas setiap pinjaman yang diberikan kepada anggota yang mampu melakukan pekerjaan secara aktif dan teratur pada saat pinjaman tersebut diterimanya.
2.      Seseorang anggota yang berstatus ibu rumah tangga atau anak dibawah umur berhak menerima PPA jika mampu bekerja normal pada saat pinjaman diterimanya. Dan kepada anggota yang meminjam pada saat sakit dengan tujuan berobat Daperma hanya menyantuni sebesar Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah)
·         Pembayaran PPA
1.      Penyelesaian urusan PPA akan dilakukan dalam waktu selambat – lambatnya 15 (lima belas) hari setelah bukti – bukti pengajuan PPA diterima dan dinyatakan memenuhi syarat.
2.      Pengajuan PPA hanya berlaku selambat – lambatnya 6 (enam) bulan sejak anggota tersebut meninggal dunia atau cacat – total tetap
3.      Sisa Pinjaman yang sah dari seorang anggota yang meninggal atau cacat – total tetap akan dibayarkan langsung ke Kopdit Kubu Bingin. Dalam hal sisa pinjaman sah tersebut mengalami kelalaian pembayaran bunga tertunggak atasnya tidak melebihi 6 (enam) bulan angsuran.
4.      Anggota tersebut meninggal antara usia 70 tahun sampai dengan tanggal ulang tahun ke – 76 maksimum santunan sebesar Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah)
5.      Menjadi cacat –total tetap sebelum menginjak usia 60 tahun atau ulang tahun ke - 60

  •        Santunan Duka Anggota (SDA) merupakan  sejumlah santunan untuk ahli waris dari seseorang yang meninggal dunia berdasarkan simpanan anggota yang bersangkutan di Kopdit Kubu Bingin.
          
Maksimal Santunan Duka Anggota maksimal Rp 30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah)
U S I A Anggota pada saat penyetoran simpanan
0  - 60 tahun
61 - 65 tahun
66 -  69 tahun
70 -  71 tahun
72 – 74 tahun
75 – 76 tahun
Persentase simpanan yg mendapatkan santunan
100 %
75%
50%
25%
10%
5%

·         Pengajuan Santunan
Pengajuan santunan hanya berlaku selambat – lambatnya 6 (enam) bulan sejak anggota tersebut meninggal dunia, Pengajuannya harus dilengkapi bukti – bukti pencatatan simpanan dalam KSPA (Kartu Simpanan dan Pinjaman Anggota) dan BA (Buku Anggota) asli sejak anggota yang bersangkutan menjadi anggota
·         Pembayaran Santunan
Pembayaran santunan akan segera dilaksanakan paling lambat 15 (lima belas) hari sejak diterimanya berkas pengajuan santunan yang berkasnya lengkap dan benar serta telah membayar iuran beserta dengan kelengkapan administrasi setiap bulan.
Santunan harus disampaikan kepada ahli waris yang sah dari anggota yang meninggal tersebut melalui kopditnya. Bukti penerimaan santunan oleh ahli warisnya akan diminta oleh Daperma untuk menjamin penerimaan santunan sesuai yang berhak atasnya. 

  • Pinjaman melebihi batas perlindungan 
Pinjaman dan simpanan yang jumlahnya melebihi batas pinjamannya sesuai ketetapan pihak asuransi dan atau DAPERMA maka sisanya ditanggung oleh ahli waris atau keluarga/anggota yang bersangkutan

Posting Komentar

 
Top