GuidePedia

0
Mengawali Minggu pertama di Bulan Februari 2013 (3/2), Kopdit Kubu Bingin (CU Kubi) menggelar PRA-RAT XIV KCP Karangasem Tahun Buku 2012 di Balai Banjar Kerta Sari Dusun Bambang Biauang, Desa Duda, Kec. Selat, Kab. Karangasem. PRA - RAT dihadiri oleh 166 orang anggota, dari jumlah Anggota KCP Karangasem per - 31 Desember 2012 adalah 291 orang. Acara tersebut berlangsung selama 3 jam dan dipimpin oleh Pimpinan Sidang (Herry Patrianto) Pukul : 10.20 Wita. PRA - RAT KCP tersebut dihadiri juga oleh Kepala Desa Duda yang diwakili oleh Sekdes (I Nyoman Wirta), Camat Selat (I Wayan Sutapa) dan Manajer BPD Bali Capem Selat (Dewa Setiawan)
        Dalam sambutannya Pak Nyoman Wirta menyampaikan, "bantuan - bantuan yang diterima dari Kopdit Kubu Bingin, mudah - mudahan menggugah hati serta minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota dan kehadiran Kopdit Kubu Bingin ditengah - tengah masyarakat Bambang Biaung semoga dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat, dari kurang mampu menjadi mampu, masyarakat mempunyai kegiatan dengan jalan meminjam uang di Kopdit (membuka usaha). Masyarakat Bambang Biaung kebanyakan dari pendatang namun potensial, hendaknya Kopdit Kubu Bingin bisa menangkap peluang tersebut, dan persaingan keuangan cukup ketat di Desa Duda karena lembaga keuangan sebagian besar eksis", tuturnya dengan nada lirih.
      Berbeda dengan Camat Selat (I Wayan Sutapa), beliau lebih menekankan, "Kopdit Kubu Bingin hendaknya berpegang teguh dengan peraturan perundang-undangan koperasi yang berlaku saat ini yaitu UU No. 17 tahun 2012 menggantikan UU No. 25 tahun 1992, mohon AD/ART disesuaikan dengan UU yang baru dan disosialisasikan kepada anggota dalam Rapat Anggota". RAT merupakan amanat dari UU dan merupakan suatu kewajiban bagi koperasi untuk melaksanakan RAT. Harapan kami dari pemerintah, tetap membangun koperasi secara eksis dan punya pangsa pasar yang nyambung  dengan koridor Kopdit Kubu Bingin, peran semua agar lebih ditingkatkan dan perkembangan koperasi yang bagus adalah yang peningkatannya wajar. Mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan," Selamat kepada Kopdit Kubu Bingin karena telah melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan), semoga RAT ini dimanfaatkan oleh anggota dengan baik".
        Dalam PRA - RAT XIV Kopdit Kubu Bingin,  Laporan Pertanggungjawaban Pengurus disampaikan oleh I Komang Mertha (Wakil Ketua) dan Laporan Pengawas Tahun Buku 2012 disampaikan oleh Sudarsono (Sekretaris Pengawas) dan  Pola kebijakan, rencana kerja dan RAPBK Tahun Buku 2013 disampaikan oleh Dewa Ayu Putriani (Manajer). Anggota KCP Karangasem secara umum menyambut baik dan menerima semua Laporan Pengurus, Pengawas Tahun Buku 2012 dan Pola Kebijakan, RK dan RAPBK 2013 untuk disampaikan kepada RAT yang berlangsung pada hari Minggu, 17 Pebruari 2013 di Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma Gianyar.
         Pada sesion tanya jawab,  Manajer BPD Bali Capem Selat dalam sheringnya menyampaikan, " salut dengan Kopdit Kubu Bingin bisa menyampaikan laporan secara lengkap, terbuka dan ada analisa PEALS didalamnya, sekian banyak menghadiri RAT Koperasi belum melihat laporan sedetail ini, saya berikan sebutan untuk Kopdit Kubu Bingin "CETAR" istilah lainnya spektakuler/istimewa. Terima kasih karena Kopdit Kubu Bingin KCP Karangasem telah membuka rekening tabungan di BPD Bali Capem Selat, harapan Kopdit Kubu Bingin kantor pusat agar membuka rekening BPD juga dan kita bisa bekerjasama untuk penyaluran pinjaman produktif untuk masyarakat. Jangan sampai laporan yang disajikan oleh kepengurusan Kopdit Kubu Bingin "window dressing" / upaya mempercantik kinerja kepengurusan / laporan keuangan yang direkayasa, tuturnya dengan sangat lugas.Menanggapi shering Manajer BPB tersebut, Wakil Ketua (I Komang Mertha) dan Manajer (Dewa Ayu Putriani) menegaskan bahwa  Kopdit Kubu Bingin tidak pernah membuat laporan "rekayasa", laporan yang disajikan dalam buku RAT adalah transparan/obyektif, kami mempergunakan Program Sikopdit (Skala Nasional), Audit rutin dilakukan dan perkembangan yang signifikan di Tahun Buku 2012 merupakan kerja keras manajemen dan kepengurusan beserta peran aktif dari seluruh anggota memanfaatkan produk Kopdit Kubu Bingin baik simpanan maupun pinjaman. Buku anggota sudah tercetak untuk di Kantor Pusat dan untuk di KCP belum (buku anggota masih manual), ini membuktikan bahwa Kopdit Kubu Bingin transparan dalam menyampaikan laporan.
         Acara PRA - RAT berakhir pukul 13.30 Wita, dengan penandatanganan Berita Acara PRA - RAT XIV KCP Karangasem Tahun Buku 2012 dan doa penutup oleh I Gusti Agung Bagus Ambara
             

Posting Komentar

 
Top