GuidePedia

0
Banyak hal yang dapat dilakukan seorang untuk menambah pendapatan meskipun bagi orang lain teramat sulit. Yang terpenting adalah adanya kemauan dan tekad yang kuat untuk maju demi masa depan. Ketika masa depan tidak dapat diprediksi, menyadarkan kehidupan kepada seseorang atau perusahaan tertentu sangatlah riskan. Solusi yang dapat kita pilih adalah menjadi Pengusaha, Menjadi pengusaha (entrepreneur) itu sebenarnya mudah. Mari membuka mata, telinga serta pikiran dan terpenting membuka hati untuk menggerakkan potensi entrepreneurship dalam diri kita. 

Sesunggunya menjadi seorang pengusaha tidak harus memiliki perusahaan, Semua yang dilakukan itu adalah usaha. Semua orang adalah pengusaha. Anda adalah Pengusaha. Semua bidang usaha bisa memberikan hasil yang sangat besar. Tidak ada batasan hasil usaha berdasarkan bidang usaha.

Faktor yang membedakan para pengusaha adalah MODAL yang digunakan. Berdasarkan modalnya, para pengusaha dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kategori :

Pertama, Pengusaha 1 M adalah orang yang melakukan usahanya dengan modal 1 M, dimana M-nya adalan ME (diri sendiri), contoh :
  • karyawan
Menjadi karyawan termasuk pengusaha. Tetapi profesi ini membutuhkan jam kerja tertentu dan hasil kerja dihargai dengan gaji. Jika saat ini anda bekerja pasa suatu perusahaan, maka anda tidak mungkin bekerja menjadi karyawan di perusahaan lain
  • Penulis
Seorang penulis mengandalkan ketrampilannya merangkai kata dan memberikan jasa penulisan makalah, bahan iklan, bahan presentasi, biografi, artikel hingga buku. Hasil tulisan tersebut dihargai dalam bentuk honor yang dapat dijadikan sebagai INCOME.
Kedua, Pengusaha 2 M adalah pengusaha yang menggunakan 2 modal untuk usahanya yaitu ME dan MATERIAL. Material dalam hal ini bisa berupa uang, alat khusus, kendaraan, komputer dan sebagainya
contoh :
  • Fotografer 
Bila anda memiliki hobi fotografi dan memiliki kamera yang mendukung, tidak ada salahnya menambah pendapatan melalui profesi ini. Acara - acara yang membutuhkan jasa fotografer biasanya dilaksanakan pada hari libur
  • Pemilik Warung Internet
Memiliki warung internet juga dapat menambah penghasilan. Akan tetapi usaha ini harus menggunakan jasa orang lain untuk menungguinya, tidak bisa dilakukan hanya paruh waktu saja

Ketiga, Pengusaha 3 M, Pengusaha yang menggunakan 3 modal untuk usahanya yaitu ME, MATERIAL dan MANAJEMEN, contoh :
  • Pengusaha mini market
Tahap pengusaha 3 M ini lebih lengkap. Modal yang dibutuhkan adalah diri sendiri, material dan manajemen. Mengambil peran dalam sistem waralaba yang saat ini kian menjamur, lalu mengelolanya dengan baik, akan menghasilkan pendapatan yang baik pula.
  • Pengusaha restoran
Dimulai dari hobi makan dan memasak, profesi ini bisa berkembang menjadi pengusaha depot lalu pengusaha restoran. Bila manajemen sudah tertata dengan baik, hasil dari restoran bisa sangat menjanjikan.
Dari contoh - contoh diatas, silahkan memilih bidang usaha yang ingin ditekuni. Usaha apapun pasti bisa berhasil jika sungguh - sungguh dilakukan. Tidak perlu takut melangkah. LAKUKAN!!! LAKUKAN!!! LAKUKAN!!!

Posting Komentar

 
Top