GuidePedia

0
Jumat, 20 April 2012 tepatnya pukul : 16.00 Wita Pengurus, Pengawas dan Manajer CU Perekat Bandung Studi Banding Ke Kopdit Kubu Bingin atas rekomendasi Puskopdit Bali Artha Guna yang berkedudukan di Dalung Permai - Badung. Pengurus, Pengawas dan Manajer Kopdit Kubu Bingin menerima tamunya  dengan tangan terbuka.

Tentunya menjadi pembicaraan hangat, kenapa Kopdit Kubu Bingin selalu menjadi pilihan studi banding? Tidak hanya Puskopdit, Dinas Koperasi juga memberikan rekomendasi. Kopdit Kubu Bingin beberapa kali sudah menerima kunjungan/studi banding dari gerakan koperasi baik dari dalam ataupun luar pulau Bali. Kopdit Kubu Bingin slalu "Wellcome dengan Gerakan Koperasi Se- Indonesia", pada prinsipnya Kopdit Kubu Bingin ingin maju dan tumbuh bersama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mensejahterakan anggota. Kami slalu berpegang pada "ciri khas" Kopdit Kubu Bingin dan kami memanfaatkan peluang karena kantor berlokasi didaerah  "obyek wisata"  sehingga menjadi "lirikan" pihak lain ingin berkunjung. Kunjungan dari gerakan koperasi biasanya kami liput dan dimasukkan di weblog Kopdit Kubu Bingin di www. kopditbali.blogspot.com, facebook kopdit kubu bingin dan Tabloin Mentik

Kepercayaan yang telah diberikan Dinas Koperasi, Puskopdit BAG, Anggota sangat dipegang teguh oleh Kepengurusan Kopdit Kubu Bingin. Kami tidak pernah "sombong" dengan prestasi ini dan tidak berhenti sampai disini, kami selalu berusaha membuat terobosan untuk memasyarakatkan koperasi/Kopdit sehingga dapat diterima dengan baik.

Di Jajaran Puskopdit BAG, Kopdit Kubu Bingin dari segi jumlah anggota dan aset menduduki peringkat ke - 8 dari 20 Kopdit Primer. Posisi keuangan Kopdit Kubu Bingin per - Maret 2012 berada pada  asset Rp 7.461.965.985 dengan jumlah anggota 994 orang, Pinjaman beredar Rp 6.034.752.750, modal sendiri Rp 1.667.498.545, Simpanan Pokok dan Wajib Anggota Rp 1.456.374.458 dan Simpanan Non Saham/tabungan - simpanan berjangka Rp 5.744.837.794

CU Perekat Bandung adalah salah satu rekan/patner kerja kami di Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI) dalam suatu wadah Inkopdit (Induk Koperasi Kredit) yang berkedudukan di Jl. Gunung Sahari III No. 11 A Jakarta. Sesama gerakan kami slalu saling mendukung satu sama lain terutama dalam mengelola koperasi kredit. Awalnya kami dipertemukan dalam suatu wadah organisasi  "Komunitas Satu Hati Credit Union", kemudian berkembang pada acara pendidikan pengembangan SDM yang diselenggarakan Tabloid Mentik Puskopdit BAG dan pertemuan Loknas yang diselenggarakan Inkopdit. Kami memanfaatkan media teknologi (Facebook) untuk shering kopdit. Kami menciptakan "jejaring" dalam mengembangkan koperasi/cu/kopdit. Mari tingkatkan komunikasi antar gerakan dan bangun komunitas untuk pengembangan kopdit/cu/koperasi, bersaing secara sehat dan tingkatkan kesejahteraan anggota karena itu tujuan kita membangun koperasi bukan yang lain!

Dalam pertemuan itu mereka menyampaikan suka - dukanya dalam mengelola kopdit. "Benang merah"  dari pertemuan itu adalah "Setiap kopdit/koperasi punya "mimpi dan tantangan", kepengurusan dituntut "SMART" dalam membuat Analisa "SWOT" di kopditnya. Dengan "SWOT" membantu Kopdit untuk mengetahui  "kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman" kopdit kita! Tidak selamanya kekuatan itu membawa dampak perkembangan, apabila kita tidak bisa melihat peluang dan mengetahui titik lemah dan ancaman dari kopdit/koperasi kita.(Ayu)

Posting Komentar

 
Top