GuidePedia

0
Minggu, 25 September 2011 merupakan hari yang istimewa untuk Kopdit Kubu Bingin karena menjelang usia Kopdit Kopdit Kubu Bingin ke-13, sejarah membuktikan Kopdit Kubu Bingin sudah mampu 9 kali secara swadaya melaksanakan pendidikan dan pelatihan koperasi diluar sosialisasi/seminar koperasi. Diklat dasar koperasi yang ke - 9 ini dilaksanakan di Gedung Kopdit Kubu Bingin, Jl. Tengkulak Mas - Desa Kemenuh - Kab. Gianyar

Pendidikan memang berbiaya mahal, akan lebih mahal lagi apabila tidak menyelenggarakannya. Pendidikan merupakan salah satu pilar koperasi kredit dan salah satu prinsip koperasi yang harus dilaksanakan koperasi. Kopdit Kubu Bingin berkomitmen, pendidikan sudah menjadi agenda rutin koperasi didalam mengembangkan wawasan dan pemahaman tentang perkoperasian kepada anggota dan calon anggota.

Uniknya dalam diklat dasar koperasi angkatan ke - 9 ini pesertanya majemuk, mulai dari anak - anak, remaja hingga dewasa berjumlah 30 orang. Fasilitator ada 3 orang yaitu Jack Mudastra (Puskopdit BAG), Dewa Ayu Putriani (Manajer Kopdit Kubu Bingin) dan Jerry Manurip (Bendahara Kopdit Kubu Bingin).

Diklat ini berlangsung selama 7 jam dengan materi cukup padat seperti jati diri koperasi, fungsi kepengurusan koperasi, keunggulan dan produk koperasi dan anggaran belanja koperasi.

Dalam evaluasi diklat tersebut, penilaian peserta yang paling tinggi adalah penyelenggaraan, disusul fasilitator, materi, alat bantu yang digunakan, penyajian materi dan penilaian yang paling rendah adalah partisipasi peserta. Dengan evaluasi ini panitia diklat yang diketuai oleh Komang Mertha akan mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi sehingga diklat dasar ini menjadi poin dalam pengembangan SDM.

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat diklat dan penyampaian kesan dan pesan peserta diklat selama mengikuti diklat tersebut, diwakili oleh Bu Enik Susilawati dan Bp Agus Thuru.


Posting Komentar

 
Top