GuidePedia

0
Sumber Daya Manusia professional tentunya menjadi harapan setiap organisasi apalagi credit union. Untuk menciptakan SDM yang luar biasa, pendidikan wajib terus ditingkatkan. Pendidikan bukanlah sebuah beban/biaya namun sebuah investasi untuk pengembangan credit union kedepan. Menjawab program CU Kubi ditahun 2011 adalah "Pendidikan" maka setiap kegiatan pendidikan slalu mengirim kader - kadernya untuk dibina dan ditempa baik yang dilaksanakan oleh Puskopdit BAG/Dinas Koperasi. CU Kubu Bingin tidak hanya menunggu program Puskopdit/Dinas koperasi dalam penyelenggaran diklat namun CU Kubu Bingin berinovasi menyelenggarakan sendiri pendidikan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya.

Pada hari Minggu, 19 Juni 2011 bertempat dilantai II Gedung CU Kubu Bingin telah diselenggarakan Diklat Akuntansi dengan melibatkan karyawan, pengurus dan pengawas CU Kubu Bingin, jumlah peserta 14 orang mendatangkan narasumber Bp Wayan Ceblos, S.E. yang saat ini dipercaya menjadi Manajer Puskopdit Bali Artha Guna. Pendidikan dan pelatihan ini berjalan selama 4 jam, mulai dari proses memasukkan transaksi SUM (Slip Uang Masuk), SUK (Slip Uang Keluar), SM (Slip Memo), pembuatan jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca lajur, neraca/laporan laba rugi. Begitu panjang proses akuntansi ini sehingga memerlukan ketelitian yang tinggi. Hasil akhir berupa laporan keuangan Credit Union "LKSB (Laporan Keuangan Statistik Bulanan" dan didukung laporan analisa PEARLS. Apa itu PEARLS ? P = Protection (perlindungan), E = Effective financial strukture (struktur keuangan yang efektif), A = Aset quality (kualitas aset), R = Rate of Return Cost (nilai pengembalian dan biaya), L = Liquidity (likuiditas), S = Sign of Growth (tanda - tanda pertumbuhan). Dengan PEARLS kita bisa mengukur kinerja manajemen dengan ratio - ratio yang dicapai dengan perbandingan ratio ideal.
Diklat Akuntansi betul - betul sangat dirasakan manfaatnya oleh kepengurusan CU Kubu Bingin. Mereka menyatakan bahwa ini adalah proses dasar dalam manajemen keuangan yang harus dipahami bersama tidak hanya untuk CU Kubu Bingin namun dapat diterapkan untuk kepentingan pribadi dalam membuat laporan keuangan keluarga. Ilmu yang telah dimiliki agar ditularkan ke anggota sehingga kepengurusan bisa membantu anggota dalam membuat laporan keuangan bisnis anggota "khususnya manajemen di bagian kredit".

Harapan dengan diklat ini menambah wawasan kepengurusan, memudahkan pengontrolan keuangan/manajemen sehingga terinovasi dalam penyampaian langkah - langkah konkrit untuk maju bersama mensejahterakan anggota. Selamat berjuang! (Ayu)

Posting Komentar

 
Top