GuidePedia

0
Salah satu pilar utama koperasi, adalah pendidikan. Koperasi yang dibangun oleh, dari, dan untuk anggota koperasi, bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota secara bersama-sama. Maka nilai pendidikan untuk menjaring dan melatih para kader berkualitas, sangatlah penting. Pengetahuan para anggota terhadap produk-produk koperasi tempat mereka bergabung, termasuk hak-hak dan kewajibannya, juga mutlak diperlukan.
Itulah beberapa poin yang terungkap dari acara Sosialisasi Koperasi Kredit, yang diselenggarakan oleh Koperasi Kredit Kubu Bingin (Kubi CU), Ubud, Gianyar. Kegiatan sosialisasi diselenggarakan Sabtu, 13 November 2010, bertempat di lantai II Ruang Rapat Kopdit Kubu Bingin. Ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kubi CU, selain kegiatan Pelatihan Dasar Koperasi, sebagai sendi dasar perkoperasian di bidang pendidikan. Dimulai pukul 10.00 WITA, acara diikuti oleh 20 orang anggota baru dan calon anggota, dan disampaikan materinya oleh Jerry Manurip selaku Sekretaris Pengurus Kopdit, serta Dewa Ayu Putriani, Manager Kopdit Kubu Bingin.
Dalam kesempatan itu disampaikan pula berbagai hal tentang Koperasi Kubu Bingin. Mulai dari info umum sejarah koperasi ini, prosedur menjadi anggota, konsep dan karakter koperasi, serta berbagai produk simpanan dan pinjaman yang dimiliki KubiCU.
Setelah acara presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta yang tampak antusias rela mengikuti acara hingga berakhir pada pukul 13.00 WITA. Banyak pula peserta yang mengajukan pendapat, bertanya ataupun memberikan masukan dan harapan, serta kesan-kesan. Misalnya seperti Wayan Andika, seorang calon anggota yang datang mewakili istrinya yang telah menjadi anggota, menanyakan tentang asuransi dan perlindungan terhadap anggota Kopdit. Nyoman Chandra dari Nyuh Kuning, menyampaikan tentang harapan-harapannya selaku anggota baru Koperasi Kredit Kubu Bingin, agar bisa menjadi pengayom bagi anggotanya secara khusus, dan masyarakat luas pada umumnya. Adapula YanikRiko seorang pedagang dari Desa Tengkulak Kaja, yang menanyakan lebih jauh tentang nilai kepercayaan terhadap anggota yang ingin meminjam, yang menjadi nilai lebih Koperasi Kredit Kubu Bingin dibandingkan dengan perbankan pada umumnya. Tanya jawab berlangsung secara dialogis (dua arah), sehingga perserta pun seluruhnya merasa cukup puas terhadap acara secara keseluruhan.
Sebagai bentuk penghargaan kepada peserta sosialisasi, diserahkan juga piagam penghargaan dan kenang-kenangan kepada masing-masing peserta. Namun karena Ketua Pengurus Kopdit Kubu Bingin I Wayan Balik Supartama saat itu berhalangan hadir sehubungan acara pelatihan audit koperasi yang diselenggarakan Inkud di Denpasar, penyerahan piagam diwakili oleh Dewa Ayu Putriani selaku Manager Kopdit Kubu Bingin. Sosialisasi ini ditutup dengan acara makan bersama, untuk lebih mempererat keakraban antar anggota koperasi (Rik)

Posting Komentar

 
Top