GuidePedia

0
Pada pertemuan Komunitas Satu Visi pada hari Sabtu, 11 September 2010 bertempat di Kantor CU Kubi mengetengahkan seminar usaha tentang IKLAN dan PROMOSI oleh Ruslan Wiryadi dan Jerry Manurip. Dalam paparannya pak Jerry Manurip menyampaikan tentang pengertian dan manfaat beriklan/berpromosi.

IKLAN adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak / orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan. IKLAN dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak / orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar / koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dari pengertian iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan.

Pak Ruslan menambahkan tentang Media (majalah) yang akan mereka terbitkan pada bulan Oktober 2010 yang diberi nama "KABARE" dengan segmen area dan target pasar di wilayah Gianyar. Mengapa target pasar mereka berkisar Gianyar..? Pak Ruslan menyampaikan karena mereka bisa membaca peluang, selama ini mereka melihat keunggulan/kelemahan media komunikasi : dia tidak bisa fokus pada satu area. Dengan suara tegas dia menyampaikan bahwa kekurangan/kelemahan kita sekaligus menjadi kelebihan kita. Perkembangan trend sekarang adalah GRATIS seperti internet termasuk media juga. Promosi itu adalah peperangan dari siprodusen untuk mencari kapling di kepala masing - masing orang. Hendaknya dalam membuat produk lebih fokus.
Majalah Kabare berisi 16 halaman, format A5, isinya tentang artikel yang terkait dengan masyarakat lokal dan hanya satu jenis produk.
Bagaimana tanggapan mereka tentang banyak beredarnya media massa yang lain...? Setiap perusahaan "MEDIA" tentu saja adalah pesaing kita maka kami membuat produk yang berbeda, pasarnya juga berbeda.
Dalam media "KABARE" CU Kubi juga berpartisipasi menanam saham sehingga ada 5 - 6 halaman dalam majalah ini akan memuat berita/artikel CU Kubi, ini sebagai langkah CU Kubi mendukung usaha Anggota. Mudah - mudahan Media "KABARE" ini memenuhi harapan CU Kubi dan masyarakat khususnya warga Gianyar.
Selamat berjuang dan berkarya............CU Kubi dan Komunitas Satu Visi akan mendukung terbitan perdana anda......Tunjukkan kualitas media anda........!!!!!!!!!! (Ayu)

Posting Komentar

 
Top