GuidePedia

0

Memimpin organisasi memang punya seni tersendiri. Ada 4 tipe gaya kepemimpinan yang harus diketahui seorang pemimpin agar dia bisa memimpin organisasi sesuai dengan situasi dan kondisi organisasinya, diantaranya:
1. Gaya Kepemimpinan Telling (mendengar)
2. Gaya Kepemimpinan Selling (mengarahkan)
3. Gaya Kepemimpinan Delegating (mendelegasikan)
4. Gaya Kepemimpinan Dictating (memerintah)
Kita bisa saja merubah gaya kepemimpinan kita didalam situasi tertentu. Jika kita dihadapkan dengan bawahan yang kurang mengerti tentang seluk beluk organisasi, kita bisa memakai gaya kepemimpinan DICTATING. Apabila bawahan kita sudah berpengalaman, gaya kepemimpinan yang tepat adalah DELEGATING. Kadangkala sebagai pemimpin kita juga perlu mendengar keluhan bawahan, dalam situasi seperti ini kita menerapkan gaya kepemimpinan TELLING. Suatu ketika kita menyadari bawahan kita kurang memahami program kerja kita dan kita menginginkan suatu perubahan kinerja mereka, saatnya gaya kepemimpinan yang tepat adalah SELLING.
Seorang pemimpin harus bisa membaca situasi bawahan, apa sebenarnya yang mereka inginkan dari pemimpinnya sehingga mereka merasa nyaman dengan pekerjaan mereka, Tidak ada kata terpaksa dalam pikiran mereka untuk melaksanakan rutinitas kerjanya dan dengan sendirinya mereka berupaya menunjukkan hasil kerja yang lebih baik.
Sebagai seorang pemimpin kita harus selalu menyiapkan telinga, kita akan dikritik habis. Ada yang senang dan ada pula yang akan mencela. Pemimpin sejati akan selalu berpikir positif terhadap semua yang terjadi pada dirinya. Ingatlah selalu kita melayani banyak orang dan pasti kita tentu saja tidak bisa memuaskan semua orang, sebagai pemimpin kita harus punya jiwa yang besar mengambil hikmah atas semua yang terjadi.
Terpenting dalam memimpin adalah menggunakan hati nurani kita, selalu berupaya berbuat baik untuk semua orang sehingga dengan sendirinya kitapun merasakan kebahagian dan kedamaian hati. Seorang pemimpin harus terus menambah ilmunya, belajar dan terus belajar...

Posting Komentar

 
Top