GuidePedia

0
Disela - sela kesibukan harian mengelola keuangan koperasi, para manajer berusaha meluangkan waktu mereka selama sehari untuk bertemu pada acara Forum Manajer se-BAG pada hari Sabtu, 13 Juni 2009, bertempat di : Kopdit Artha Bakti Asih (Jl. Kebo Utara Denpasar).
Keuangan memegang peranan terpenting dalam pengelolaan keuangan. Penyajian laporan yang benar merupakan salah satu komitmen gerakan koperasi se-BAG untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan/anggota atau pihak ketiga bahkan pemerintah. Laporan keuangan harus mengacu pada peraturan keuangan yang berlaku, sehingga para manajer betul-betul dikuras idenya untuk menghasilkan rancangan laporan yang benar dan tentunya dapat dimengerti oleh umum pada saat membacanya sehingga tidak menimbulkan makna ganda.
Berdasarkan kesepakatan bersama diantara para manajer se-BAG bahwa berkomitmen memakai pelaporan keuangan mengacu pada standarisasi akuntansi keuangan Indonesia dengan perpaduan data statistik bulanan. Karena laporan keuangan dibuat oleh manajer dan pengurus sudah memberikan wewenangnya kepada manajer maka LKSB ditandatangani hanya oleh Manajer. Khusus untuk pihak ketiga/pemerintah, LKSB ditandatangani oleh Ketua Pengurus. Manajer mempertanggungjawabkan kinerjanya hanya kepada pengurus sehingga manajer yang seharusnya menandatangani LKSB. Sedangkan laporan keuangan kepada anggota (RAT) menjadi tanggungjawab Pengurus (ditandatangani oleh Ketua dan Bendahara).
Dirangkum oleh : Dewa Ayu Putriani

Posting Komentar

 
Top